MEMBANDINGKAN
BUKU BAHASA INDONESIA TINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) KELAS XII
NAMA : NELFI JUNITA
NPM : 146210342
KELAS : 3F
PROGRAM STUDI
PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
ISLAM RIAU
PEKANBARU
2015
MEMBANDINGKAN
BUKU BAHASA INDONESIA TINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) KELAS XII
1.
BUKU I
A.
Identitas Buku I
1.
Judul
Buku : Bahasa Indonesia
2.
Penulis : Seni Handayani, Tetty Nurhayati,
Budhi Prastyati, dan Wildan
3.
Penerbit : Grafindo
4.
Tahun
Terbit : 2014
5.
Tebal
Buku : 250 halaman
6.
Materi : Mengapresiasi Pembacaan Puisi
Lama, halaman 65-67
B.
Isi Buku
Pada materi
belajar dalam buku ini terdapat salah satu materi yang akan saya bandingkan
materinya dengan buku yang lain. Materi yang akan dibandingkan ini terdapat
pada halaman 65-67 yang berjudul “Mengapresiasi Pembacaan Puisi Lama”.
Kata kunci yang terdapat dalam buku ini khususnya pada materi ini yaitu,
syair, pantun, bait, baris, lafal, intonasi, ekspresi.
Isi materi yang
dibahas dalam buku ini adalah sebagai berikut;
a)
Pengertian
puisi lama merupakan puisi peninggalan Sastra Melayu Lama. Puisi lama terdiri
atas, puisi asli, dan puisi pengaruh asing. Pantun adalah satu contoh puisi
asli masyarakat Melayu, sedangkan syair adalah contoh puisi lama dengan
pengaruh asing yaitu, bahasa Arab.
b)
Karakteristik
puisi lama yaitu, (1) sangat terikat pada aturan-aturan yang mencakup jumlah
baris dalam setiap bait, jumlah suku kata dalam setiap baris, irama, dan sajak
(pengulangan bunyi), (2) peninggalan sastra Melayu lama.
c)
Terdapat
pula karakterstik pantun yang disajikan di dalam buku ini.
d)
Terdapat
soal latihan untuk lebih memahami maksud dari puisi lama, akan tetapi contoh
yang diberikan hanya beberapa pantun saja. Lalu, siswa disuruh mendengarkan
dengan seksama pantun yang dibacakan oleh temannya. Dan beberapa soal latihan
lainnya yang masih berhubungan dengan materi dalam buku ini.
C.
Keunggulan Buku
Keunggulan yang
terdapat di dalam buku ini yaitu, pembahasan yang disampaikan mengenai puisi
lama sangat singkat, padat, dan jelas. Isi materinya pun mudah dipahami, bahasa
baku yang digunakan dapat dimengerti siswa, terdapat salah satu di dalam buku
ini di pojok kiri buku mengenai sedikit informasi yang sangat erat hubungannya
mengenai materi yang disampaikan dalam buku ini, dan soal latihan dengan contoh
yang dimana siswa berperan secara langsung atau ikut serta dalam memahami
pembacaan puisi lama tersebut.
D.
Kelemahan Buku
Kelemahan yang
terdapat di dalam materi ini yaitu, pembahasan materi yang disampaikan tidak
secara rinci walaupun jelas, terlalu sederhana, hanya menggunakan satu contoh
dalam memahami materi ini dan contohnya pun hanya pantun. Di dalam kata kunci
terdapat syair dan syair tidak ada dalam pembahasan buku ini, sehingga
materinya pun kurang jelas dalam memberikan penjelasan mengenai puisi lama.
2.
BUKU II
A.
Identitas Buku II
1.
Judul
Buku : Bahasa Indonesiaku Bahasa
Negeriku
2.
Penulis : Atep Tatang, Maman, dkk
3.
Penerbit : Tiga Serangkai
4.
Tahun
Terbit : 2012
5.
Tebal
Buku : 292 halaman
6.
Materi : Menanggapi Pembacaan Puisi Lama,
halaman 6-12
B.
Isi Buku
Isi buku materi
yang disampaikan di dalam buku ini mengenai puisi lama. Dengan judul “Menanggapi
Pembacaan Puisi Lama”, halaman 6-12. Puisi Indonesia lama
dipengaruhi oleh puisi Melayu Klasik yang mengekspresikan pikiran, gagasan, dan
perasaan orang atau masyarakat pada zaman itu. Banyaknya bentuk puisi lama
seperti, mantra, seloka, gurindam, peribahasa atau peribahasa berirama, pantun
dan syair. Namun bentuk yang paling banyak adalah pantun dan syair.
Di dalam buku
ini menyampaikan pengertian bentuk-bentuk dari puisi lama, menyampaikan contoh
dari bentuk puisi lama, serta beberapa soal latihan yang terdapat di dalam buku
ini. Kata kunci yang terdapat di dalam buku ini yaitu, puisi lama, mantra,
seloka, gurindam, peribahasa berirama, pantun, syair, lafal, intonasi,
ekspresi, dan gesture.
C.
Keunggulan Buku
Keunggulan buku
ini materi yang disampaikan sangat jelas dan terperinci, pengertian dari setiap
bentuk dari puisi lama, contoh yang diberikan pun sangat jelas dan mudah dipahami
oleh siswa. Bahasa yang digunakan dalam buku isi mudah dipahami dan dimengerti.
Materi yang disampaikan di dalam buku ini sangat jelas dan terperinci. Beberapa
informasi yang disampaikan di dalam buku ini pun jelas dan mudah dipahami oleh
siswa.
D.
Kelemahan Buku
Kelemahan buku
ini terdapat pada bentuk soal yang diberikan. Bentuk soal yang diberikan di
dalam buku ini sulit dipahami karena berbentuk kolom dan baris dan soal yang
diberikan pun memakai rumus-rumus untuk menentukan nilai yang akan dihasilkan
dalam menanggapi pembacaan puisi lama.
3.
PERBANDINGAN DARI DUA BUKU YANG BERBEDA
Berdasarkan
resensi yang telah dibuat pada identitas buku I dan buku II tersebut dapat
dibandingkan bahwa kedua buku tersebut memilki perbedaan yang cukup jauh.
Adapun beberapa persamaan dan perbedaan dari kedua buku tersebut adalah sebagai
berikut;
1)
Persamaan
a.
Membahas
pembacaan puisi lama.
b.
Membahasa
pengertian puisi lama.
c.
Sejarah
puisi lama secara singkat.
d.
Bentuk-bentuk
dari puisi lama.
2)
Perbedaan
a.
Buku
I tidak membahas secara rinci, sedangkan buku II membahas secara rinci.
b.
Buku
I hanya membahas pantun saja dan contoh pantun, sedangkan buku II membahas
bentuk-bentuk puisi lama secara rinci beserta contohnya.
c.
Soal
pada buku I mudah dipahami, sedangkan buku II sulit dipahami.
d.
Bahasa
pada buku I lebih mudah untuk dipahami, sedangkan buku II mudah dipahami tetapi
ada beberapa kata yang sulit dipahami.
Berdasarkan
persamaan dan perbedaan dari duah buku di atas dapat kita ketahui bahwa buku II
lebih bagus dan lebih baik digunakan dalam proses belajar dan pembelajaran,
sebab buku II memiliki pembahasan yang lebih rinci dan jelas, sehingga para
siswa dapat memahami puisi lama secara baik. Siswa pun dapat memperdalam
bentuk-bentuk dari puisi lama tidak hanya pantun saja yang dapat dipahami
siswa, tetapi juga bentuk-bentuk lainnya dari puisi lama. Akan tetapi, bukan
berarti buku I tidak bagus digunakan untuk lebih mendalami sebuah puisi lama
selayaknya kita juga harus paham bentuk lainnya dari puisi lama tidak hanya
pantun saja. Serta materi yang disampaikan oleh buku II lebih lengkap
dibandingkan buku I. Sedangkan buku I
tidak secara lengkap menyampaikan pembahasan materi mengenai pembacaan puisi
lama.
4.
SIMPULAN
Bahwa buku II
lebih baik digunakan dalam proses belajar dan pembelajaran karena lebih rinci
dan jelas dibandingkan buku I yang tidak rinci dan hanya membahas pantun saja.
5.
SARAN
Untuk lebih
memahami suatu pembacaan puisi lama sebaiknya dan seharusnya menggunakan dua
buah buku atau lebih sehingga kita dapat lebih dalam lagi ilmu dan wawasan kita
mengenai pembacaan puisi lama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar